Investor Hong Kong minati rumput laut Bitung

Komoditas rumput laut di Kota Bitung, Sulawesi Utara, diminati investor atau pengusaha asal Hong Kong yang sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke daerah itu.
Kabag Humas Kota Bitung Erwin Kontu di Bitung, mengatakan, keseriusan investor Hong Kong itu ditunjukan dalam kunjungan bersama timnya untuk survei ke wilayah pesisir di beberapa tempat di Kota Bitung yang layak menjadi lokasi budidaya rumput laut.
Kontu mengatakan, ketertarikan pihak Investor Hongkong untuk investasi budidaya rumput laut di Kota Bitung, karena komoditas itu dapat diekpor langsung dari pelabuhan peti kemas.
"Selain itu mereka akan mendapatkan berbagai fasilitas dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung," kata Kontu.
Dia mengatakan hasil budidaya rumput laut digunakan sebagai bahan mentah dalam industri farmasi, tekstil, kosmetik, kertas, dan makanan.
Dalam industri makanan, katanya, rumput laut dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue, roti, makaroni, manisan, dodol, minuman sari, dan es rumput laut.
Selain itu, katanya, rumput laut jenis tertentu dapat diolah menjadi produk jam/selai rumput laut yang baik untuk kesehatan karena mengandung protein dan serat yang tinggi.
Oleh karena itu, kata Kontu, investor asal Hong Kong itu memilih kawasan pesisir Kota Bitung sebagai tempat budidaya rumput laut dan tempat pengolahan pascapanen. 

sumber : kontan.co.id
Share: