Ikan Lou Han Kembali Digemari Masyarakat

Pasti tahu dengan ikan lou han yang pernah booming di awal tahun 2000-an. Setiap rumah pastinya memiliki ikan yang bercirikan nonong besar di kepalanya ini. Namun, beberapa tahun kemudian, ikan lou han ini tidak digemari lagi dan membuat harganya jatuh bahkan tidak memiliki nilai.

Tetapi, satu tahun terakhir, ikan lou han kembali digemari oleh penghobiis ikan yang pernah jatuh cinta saat pertama dulu. "Sekarang, penghobiis merindukan ikan lou han yang pernah booming, mengingat kembali pada masa jayanya dulu, semacam nostalgia," jelas Akian, pemilik toko Akian Arowana di Jl Brigjen Hasan Kasim No 22 Celentang.

Akian menjelaskan, saat ini penghobiis lebih selektif dalam memilih ikan lou han. Mereka lebih mementingkan kecantikan pada ikan tersebut baik dari nonong (kepala) ikan yang bulat membesar, warna mutiara dan tanda ditubuh ikan.

"Sejak tahun 2011 kemarin, lou han sudah mulai dilirik para penghobiis. Untuk jenis ikan lou han nya yakni jenis cencu yang memiliki nonong besar, memilik tanda di tubuh dan berwarna merah serta memiliki banyak mutiara," ujarnya. Untuk ikan jenis ini, ia menjualnya Rp 2 juta per ekornya. 

Menurut Akian, ada jenis louhan lain yang juga dilirik penghobiis, yakni jenis golden base, yang memiliki warna kuning diseluruh tubuhnya.

"Ikan ini mengalami mutasi dan berwarna kuning semuanya. Namun, harganya tidak terlalu mahal hanya Rp 1,5 juta saja per ekornya," jelas Akian.


sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi