Genjot Produksi Ikan, Kota Yogyakarta Gelontorkan Bantuan

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Yogyakarta memberikan bantuan kepada lima kelompok budidaya ikan dan dua kelompok pengolah dan pemasar produk ikan Kota Yogyakarta. Bantuan total senilai Rp 425 juta itu berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI diberikan untuk meningkatkan produksi ikan di Kota Yogyakarta.
“Bantuan diberikan untuk peningkatan budidaya, mengatasi keterbatasan lahan, peningkatan kapasitas produksi. Minimal bisa mencukupi masing-masing anggota kelompok,” ujar Kepala Dinas Perindagkoptan Kota Yogyakarta, Heru Priya Warjaka di Yogyakarta.
Ia menjelaskan, dari target produksi ikan Kota Yogyakarta 2012 sebanyak 85 ton baru terealisasi 54 ton sampai triwulan ini. Kebutuhan ikan per hari 300 kwintal di Kota Yogyakarta, sementara produksi per minggu baru lima kwintal.
“Selama ini kita memang kekurangan dan mengambil kurangnya untuk ikan laut dari pantai utara. Kalau ikan air tawar dari pembudidayaan daerah lain seperti Magelang dan Klaten,” imbuhnya.
Kelompok budidaya ikan di Kota Yogya menurutnya bukan hal yang baru. Tapi dari sekitar 50 kelompok yang ada, yang aktif memproduksi ikan hanya sekitar 34 kelompok. “Kolam mereka 100 hingga 200 meter, kalau Jenis ikan kelompok yang memutuskan, apakah lele, bawal, nila, tergantung keinginan tingkat percepatan budidaya,” pungkasnya.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: