Ekspor ikan hias berpotensi tumbuh 10%

Kinerja ekspor ikan hias tahun ini diproyeksi lebih baik dari tahun lalu. Munculnya negara-negara tujuan ekspor baru membuat kalangan eksportir memproyeksikan akan adanya peningkatan ekspor ikan hias lebih dari 10% pada tahun ini.

Hendra Iwan Putra, Direktur PT Harlequin Aquatics, mengatakan, beberapa negara baru yang potensial untuk digenjot kinerja ekspornya adalah Timur Tengah. "Permintaan dari Timur Tengah cukup besar, seperti Kuwait, Yaman dan Dubai," kata Hendra.

Mudahnya akses logistik ke negara-negara Timur Tengah turut mendukung kinerja ekspor ikan hias tersebut. Hendra bilang, pesawat yang dapat mengirim ikan hias untuk ekspor kini sudah banyak terutama maskapai dari Timur Tengah.

Mengutip data UN Comtrade, nilai ekspor ikan hias Indonesia pada tahun 2013 lalu mencapai US$ 24,20 juta. Sementara itu untuk sisi volume, tahun lalu ekspor ikan hias Indonesia sekitar 5.453,30 ton.

Pasar utama eksporikan hias Indonesia selama ini adalah Amerika Serikat dan Eropa. Sementara itu untuk negara-negara saingan ekspor ikan hias Indonesia sendiri antara lain, Thailand, Malaysia, Singapura, Kolombia, Brazil, Peru, Amerika Serikat dan Philipina.

sumber : kontan.co.id
Share: