Cara Memelihara Tanaman Gerbera / Hebras

Ada beberapa kegiatan dalam Memelihara Tanaman Gerbera / Herbas misalnya penjarangan Gerbera / Hebras, Penyiangan Gerbera / Herbas, dll. Berikut adalah Cara Memelihara Tanaman Gerbera / Hebras.

Penjarangan dan Penyulaman :
Jika ada tanaman yang mati / rusak seawal mungkin segera disulam atau diganti dengan tanaman yang baik pada lubang yang sama. Periode penyulaman sebaiknya tidak melebihi umur 30 hari setelah tanam. Waktu penyulaman yang baik pagi / sore hari.

Penyiangan :
Ditujukan untuk membersihkan sekitar tanaman dari gulma dan sambil menggemburkan tanah. Penyiangan dilakukan pada 7-10 hari setelah tanam dan 30-35 hari setelah tanam.

Perempalan :
Perempalan dilakukan untuk membuang tunas / cabang yang sudah tua, mengering maupun yang terserang penyakit.

Pemupukan :Dilakukan secara rutin sebulan sekali. Jenis pupuk yang dianjurkan NPK serta unsur mikro lainnya. Jumlah pupuk NPK diberikan 2-4 gram / tanaman dengan periode 1 kali dalam sebulan, sehingga untuk setiap hektarnya antara 200-400 kg. Cara pemberiannya dengan cara dibenamkan dalam larikan atau lubang diantara tanaman. Pupuk NPK dapat diberikan dalam bentuk larutan dengan konsentrasi 10 gram / 10 liter air dan diberikan sebanyak 200-250 cc / tanaman dengan periode pemberian 10 hari sekali. Pupuk daun dapat diberikan sesuai anjuran.

Pengairan dan Penyiraman :
Pada fase awal pertumbuhan tanaman gerbera penyiraman dilakukan 1-2 kali. Pemberian air selanjutnya berangsur-angsur berkurang.

sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share: