Cara Budidaya Maggot / Larva Lalat Untuk Pakan Lele

Harga pakan pelet yang kian melambung merupakan kendala besar bagi pembudidaya ikan lele. Para pembudidaya lele harus pintar mencari siasat agar biaya produksi tidak membengkak akibat mahalnya harga pelet.
Salah satu solusi adalah menggunakan pakan alternatif. Belatung / Larva Lalat atau yg dikenal dengan Maggot merupakan salah satu pakan alternatif untuk mengurangi penggunaan pakan pelet.
Menurut penelitian dari Purnama Sukardi Dekan Fakultas Sains & Teknik Universitas Jendral Sudirman Purwokerto, penggunaan maggot sebagai pakan lele dapat mengurangi penggunaan pelet hingga 50%.
Selain itu yang istimewa dari Maggot adalah kadar protein yang tinggi. Maggot memiliki kadar protein sekitar 43%. Sementara kadar protein pelet umumnya hanya kisaran 30-40%.
Dalam budidaya lele, maggot akan lebih efektif jika dicampur dengan tepung ikan, dengan perbandingan 1:1. Pertumbuhan ikan lele bisa melambung sampai 2.9% per hari. Pakan maggot memberikan percepatan tumbuh 2.5% tiap harinya, kemudian tepung ikan memberikan percepatan pertumbuhan 2% per harinya.
Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele
Untuk membudidayakan Maggot bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan media tempat bertelur lalat. Berikut adalah cara singkat budidaya Maggot.
  1. Siapkan media tempat berbiak Maggot yg berupa campuran ampas tahu dan ikan rucah kering dengan perbandingan 8:2.
  2. Fermentasikan campuran media tersebut selama 3-4 minggu.
  3. Selanjutkan lalat akan datang dan bertelur dengan sendirinya. Maggot kemudian dapat dipanen setelah 1 pekan.
Yang perlu anda perhatikan lagi adalah hindarkan media berbiak magot terkena sinar matahari secara langsung. Karena Maggot bersifat agresif, maka jika terkena sinar matahari akan berpindah dari media ke tempat lain yang lebih teduh.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: