Bupati Purworejo Panen Gurami PUMP-PB

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg bersama kelompok pembudidaya ikan gurami Desa Kaliurip Kecamatan Bener Purworejo, melakukan panen perdana ikan gurami. Panen ini merupakan hasil dari penerima bantuan dana pengembangan usaha mina pedesaan perikanan budidaya (PUMP-PB) tahun 2011.
Menurut Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Gurami Kaliurip Prawoto Sudiro, ikan gurami yang dipanen itu merupakan hasil pembudidayaan empat kelompok yang masing-masing beranggotakan 15 orang. “Dari empat kelompok ini memiliki 500 kolam atau 1,5 hektar lahan perikanan budidaya,” katanya.
Namun dari hasil budidaya itu hingga kini belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi ikan gurami. “Untuk melayani pembibitan dan pembesaran saja masih diutamakan untuk kebutuhan di desa ini dan sekitarnya, sisanya baru bias keluar,” katanya.
Budaya ikan gurami memang membutuhkan waktu lama, sekitar 1,5 tahun untuk ukuran konsumsi. “Namun untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, tidak semua harus memanen gurami kebutuhan konsumsi. Harus ada pembibitan atau dijual untuk pembesaran sehingga hasil panen bisa berkesinambungan,” jelas Mahsun Zain.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: