Bupati Kapuas Panen Perdana Ikan Patin

Program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) berhasil, ini dibuktikan dengan panen perdana budidaya ikan patin yang dilakukan Kelompok “Besarang Harapan Kita”, yang dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas HM Mawardi.
Pelaksanaan panen perdana program PUMP di Desa Basarang Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, oleh Kelompok Pembudidaya Ikan “Basarang Harapan Kita” dinilai sukses.
Panen perdana yang dilakukan Bupati Kapuas HM Mawardi dan sejumlah pejabat tersebut juga dirangkai kegiatan temu wicara yang tujuannya tidak saja untuk menghimpun aspirasi masyarakat tetapi juga untuk mencari solusi meningkat hasil budaya ikan.
Dalam sambutannya Mawardi mengungkapkan, program PUMP merupakan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang berbasis agrobisnis dan agro industri menuju pada pembangunan masyarakat Kabupaten Kapuas yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh (Amanah).
“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Mawardi di hadapan masyarakat kelompok pembudidaya ikan.
Dalam kesempatan temu wicara tersebut, masih banyak problem khususnya dalam pencapaian Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), seperti pengadaan bibit ikan patin, dan sarana prasarana budidayanya.
Sementara itu, panen raya ikan patin program PUMP mendapatkan hasil cukup baik, karena dengan masa tebar 5 bulan ikan mencapai berat rata-rata 600-700 gram per ekor.
“Dengan adanya program PUMP ini, diharapkanpembudidaya ikan dapat terbantu dari, termasuk segi permodalan dan mudah-muahan hasilnya dapat membantu perekonomian,” kata Mawardi.
Ke depan HM Mawardi mengaharapkan program PUMP bisa dikembangkan, sehingga dengan modal yang digulirkan seluruh masyarakat bisa ikut menjalankan dan menikmati hasilnya.
Di sisi lain, sejumlah kelompok tani perikanan di Kecamatan Basarang berharap Mawardi dapat terus memberikan bantuan melalui dinas terkait, sehingga dapat meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat, khususnya di Kecamatan Basarang khususnya.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: