Budidaya Ikan Semah, Ikon Kabupaten Kerinci

Pengembangan Budi daya ikan semah terus dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan, sejak tahun 2009 Dinas Peternakan telah mengembangkan jenis ikan langka yang hanya ada di Kabupaten Kerinci dan telah dilakukan penaburan beih ikan di Danau Kerinci.
Tak hanya itu, Dinas Petenakan dan Perikanan juga mendapatkan bantuan dari pusat untuk pengembangan budi daya ikan batok di danau kerinci, Ketua tim Puslitbang Kementrian Kelautan dan Perikanan (DKP) datang langsung ke kerinci untuk memberikan bantuan bibit ikan semah dan betok.
Dalam pertemuan tersebut, Pemkab Kerinci diwakili oleh Wabup Kerinci Drs Mohd Rahman, Kepala SKPD dan tim Puslitabang DKP RI, penyerahan bantuan bibit ikan semah dilakukan di rumah dinas Bupati Kerinci.
Dr IR Endhay Kusnendar Ketua Tim Ahli Puslitbang DKP RI menyatakan pembiakan ikan semah dan batok memang sudah harus dilakukan di Kabupaten Kerinci, karena ikan ini hanya ada di Kabupaten Kerinci, untuk itu pemerintah pusat  memprioritaskan pengembangan ikan semah di Kabupaten Kerinci.
Bantuan bibit ikan semah sebanyak 20 ribu benih ikan semah dan ikan batok 100 ribu diharapkan Kabupaten Kerinci menjadi sentra ikan semah, kata dia, sekarang ada usaha negara lain untuk mempatenkan ikan semah yang dijadikan milik mereka dan dengan dipantenkan ikan semah oleh negara lain artinya ikan semah menjadi milik negara lain.
Wakil Bupati Kerinci Modh Rahman mengatakan bahwa kendala budidaya ikan semah disebabkan terbatasnya bibit Ikan primadona kerinci ini akibat penangkapan secara liar.
Pemkab Kerinci sudah membuat perda tentang larangan untuk mengambil ikan semah di perairan umum teruitama pada lubuk larangan pulau sangkar .
“Bantuan yang diberikan merupakan nyawa bagi kami karena masyarakat kerinci disamping petani kebun juga nelayan , sangat mengharapkan bantuan benih berupa ikan semah dan batok sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat’. Tegas Wabup.
Gasdinul Gazam mengatakan bahwa ikan semah merupakan ikon kabupaten kerinci yang sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu, di baik APBD Kerinci Maupun APBD Propinsi dan APBN.
Ikan Semah juga di budidayakan petani di kolam dan hasilnya  sangat  menggembirakan.

sumber : budidaya-ikan.com



Share: