Budidaya Ikan, Lokomotif Kesejahteraan Rakyat Agam

Komunitas warga yang tinggal di daerah perairan penduduknya rajin mengkonsumsi ikan sehingga masyarakat setempat selain memiliki fisik yang kuat dan otak yang cerdas, juga bisa menghemat belanja dalam rumah tangga. Makanya ikan itu sangat berguna untuk mensejahterakan masyarakat.
Hal itu diungkapkan Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah Bupati Agam saat membuka acara Rapat Koordinasi Minapolitan Kabupaten Agam dengan tema ”Sinergitas Minapolitan menuju Industrialisasi Perikanan Budidaya yang berdaya saing dan berkelanjutan”, di Aula Kantor bupati Agam.
Bupati menambahkan, jika ikan mulai berkurang maka sumber gizi juga mulai berkurang dan kecerdasan pun mulai berkurang, maka rawat dan budidayakanlah selalu ikan.
Budidaya ikan jika dikembangkan, maka selain sumber gizi yang kita dapat, cinta kasih keakraban dan sumber air tercipta untuk mengatasi kebakaran.
Dengan potensi yang demikian tidak salah kiranya Menteri Kelautan dan Perikanan menetapkan Kabupaten Agam sebagai daerah yang memiliki potensi perikanan yang sangat besar dibandingkan kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumatera Barat. Untuk tahun 2011 realisasi produksi perikanan kabupaten Agam mencapai 48.024,54 ton atau 100,02% dan melebihi dari target yang ditetapkan.
“Galakkanlah budidaya Ikan di Kabupaten Agam sebagai lokomotif kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati.
Sekaitan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Agam akan selalu berupaya mengembangkan usaha perikanan khususnya perikanan budidaya secara optimal melalui minapolitan untuk menuju industrialisasi perikanan dengan tetap menjaga kelestarian dan daya dukung lahan.
Minapolitan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian lokal disamping itu kabupaten Agam juga sedang melaksanakan program kerakyatan yang dinamakan dengan Agam Menyemai, dengan melaksanakan berbagai kegiatan penanaman bibit pohon dan tanaman serta penyemaian bibit ikan di kolam-kolam masyarakat, telaga, sungai serta lubuk larangan.
Perkembangan ikan di Agam sudah mandiri, aman dan kokoh jadi ditambah ilmu serta teknologi terkini hasil budidaya ikan akan lebih bagus dan lebih baik lagi.
Bupati berharap dengan adanya kunjungan dari Dirjen Perikanan dan Kelautan melalui Rapat Koordinasi Minapolitan ini akan menjadikan kabupaten Agam Sentral Budiddaya ikan, sehingga terwujud industrialisasi perikanan di masa yang akan datang sebagai ujung tombak perekonomian.

sumber : budidaya-ikan.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi