Brownies Ikan Nila Segar Kreasi KTW Saluyu

Kelompok Tani Wanita Saluyu yang berada di Desa Limbangan, Kabupaten Sukabumi membuat inovasi baru membuat kue, seperti membuat kue brownies kukus dengan bahan baku utamanya adalah ikan nila segar.
“Ide pembuatan kue brownies dari ikan nila ini kami ciptakan untuk membuat inovasi baru rasa kue brownies yang identik dengan rasa coklat sejal dua tahun yang lalu, walaupun tidak meninggalkan rasa utamanya yakni coklat, tetapi ada sensasi lain dari rasa kue brownies kami ini,” kata Ketua Kelompok Tani Wanita Saluyu, Nurhasanah kepada wartawan.
Menurut Nurhasanah, kue brownies ikan nila ini juga tujuannya untuk memanfaatkan sumberdaya ikan nila yang sangat melimpah di daerahnya. Selain itu juga untuk meningkatkan kemandirian para wanita sekitar agar bisa berinovasi menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha baru.
Lebih lanjut, sampai saat ini pemesannya sudah ada yang dari luar Sukabumi walaupun masih kota dan kabupaten terdekat. Tetapi hasilnya sudah bisa dirasakan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok tani wanita ini.
“Ide pembuatan brownies ini muncul dari ibu-ibu yang ingin memanfaatkan melimpahnya ikan nila, selain itu untuk mendorong usaha baru yang bernilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,” tambahnya.
Dikatakannya, pembuatan brownie ikan nila ini sama seperti membuat brownies pada umumnya yang bedanya bahan baku utamanya dari ikan nila. Pertama ikan nila segar ukuran setengah kilogram ke atas, dagingnya dipisahkan dari kulit dan tulangnya.
Kemudian, dicampurkan dengan bahan lainnya yakni coklat batangan, terigu, telur dan lain-lain setelah adonan kue merata, kemudian dibentuk dan dikukus sampai matang. Untuk menghilangkan bau amis daging ikan nila, pihaknya mencampur bahan lain.
“Harga yang kami tawarkan hanya Rp10 ribu/paket, tetapi citra rasanya bisa dibandingkan dengan kue brownies lainnya bahkan sumber gizinya pun lebih tinggi. Ini diketahui, karena tidak jauh dari lokasi kelompok tani ini terdapat penyuluh perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi,” kata Nurhasanah.
Pada kesempatan itu, salah seorang pembeli kue brownie ikan nila dari Kota Sukabumi, Dina mengatakan, dirinya sengaja membeli brownies ini karena penasaran dengan rasanya yang unik dan juga tentu enak.”Ternyata setelah dirasakan, kue buatan ibu-ibu ini rasanya lebih unik dan enak serta gurih berbeda dengan brownies pada umumnya,” kata Dina.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: