Beda Ciblek Prinia Familiaris Dengan Prinia Olivaces

Sebagai pehobi burung, khususnya burung ciblek, mengetahui perbedaan jenis burung Ciblek menjadi penting. Ini akan mempermudah memilih burung yang kita mau, sesui peruntuntukan masing-masing kebutuhan para hobiis. Tentu ada kaitannya dengan ciri burung Ciblek yang baik.

Terdapat dua jenis Burung Ciblek yaitu : Prinia familiaris familiaris dan Prinia familiaris olivaces. Kalau masih muda akan sangat sulit membedakan diantara keduanya, tetapi ketika sudah dewasa akan mudah sekali membedakannya apalagi ketika berkicau.

Diantara dua jenis burung ini mempunyai perbedaan baik dari segi warna maupun dari suara, inilah bedanya:

Pada jenis Prinia familiaris familiaris warna bulu lebih gelap, garis putih di sayap lebih lebar, badan lebih lebar, dan dada tampak bidang, yang jantan bersuara keras, tajam dan tebal membentuk vokal ciikrak…ciikrak.. kombinasi suara cicitan.

Pada Prinia familiaris olivaces warna bulu tampak lebih terang atau lebih muda, garis putih di sayap lebih pendek dan agak kecil, tubuh tampak ramping, serta dada tidak terlalu bidang, bulu dada jantan hitam tampak tipis atau samar, kicau lebih menonjolkan jeritan panjang satu nada dan tidak membentuk vokal seperti ciikrak..ciikrak..cet..cet.. oleh karena vokal suara tidak terbentuk maka suara kicau terdengar tipis dan kurang keras.

Jadi sudah tahu kan jenis jenis Ciblek, kalau begitu jenis apa yang hobiis punya atau baru mau membelinya.

sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share: